Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

15 October 2010

Google URL Shortener - Memperpendek URL Yang Panjang

Bila anda mempunyai artikel menarik di suatu website dan ingin membagikannya kepada teman anda, tentunya anda akan memberikan alamat url link website dari artikel tersebut. Misal link artikel tersebut seperti ini

http://azwaramril.blogspot.com/2010/09/tips-blogging-yang-blogger-harus-tahu.html.

Dengan link url yang cukup panjang seperti itu, tentunya terlalu banyak karakter yang digunakan. Maka diperlukan suatu web aplikasi yang berfungsi untuk memperpendek alamat URL yang panjang.

Saat ini memang sudah banyak layanan website untuk memperpendek url yang panjang. Kita bisa lihat pada Twitter, bila seseorang memposting lengkap dengan link ke suatu website, kita akan melihat alamat url yang singkat seperti http://bil.ly, http://de.tk. Nah, melihat makin banyaknya layanan mempersingkat alamat url, maka raksasa Google pun tidak ingin ketinggalan.

Google saat ini telah memperkenalkan layanan baru mereka yang diberi nama Google Url Shortener yang beralamat http://goo.gl. Untuk menggunakan layanan ini silahkan ikuti langkah berikut:

1] Kunjungi website http://goo.gl dan isikan alamat url yang ingin anda pendekkan pada kolom box. Kemudian klik tombol "Shorten".

2] Pada samping kanan kolom box anda akan melihat hasil dari alamat url yang telah di pendekkan. Anda bisa copy paste dan bagikan kepada teman anda link yang telah pendek dan singkat tadi sesuai keinginan anda.

Cukup mudah bukan? Dengan memperpendek url, maka akan memudahkan kita untuk mengcopy dan membagikannya kepada teman kita baik itu melalui email atau blog post. Jadi tidak perlu lagi mengcopy alamat url yang cukup panjang karakter nya. Dengan menggunakan url yang pendek pada blog anda akan menghemat space pada blog kita dan loading halaman juga menjadi lebih cepat.

Yang menarik dari layanan ini adalah, bahwa url shortener ini berasal dari layanan Google. Seperti saya sebutkan diatas, ada banyak layanan untuk memperpendek url, akan tetapi apabila layanan tersebut sedang "down", tentunya alamat url yang telah kita tempatkan pada layanan tersebut akan hilang a.k.a broken links.

Bila anda tertarik untuk membagikan artikel ini, saya sudah memperpendek alamat url agar lebih mudah untuk anda. Url shortener untuk artikel ini http://goo.gl/7RcF

Artikel Terkait

1 comment

19 October 2010 at 10:52  

salam sahabat
wah siip kalau saya praktek yang trusted.us link untuk memperpendekkannya.good luck

Post a Comment

Terima Kasih

Blogger


The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com


Banner Header Image by Ebsoft


E-mail me at:










Azwar Amril - Find me on Bloggers.com




Thank you for visiting my weBlog, See u soon


Copyright © 2005-2019 Azwar weBlog

Blog Protected

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP